LAZISWahdah.org , Makassar – Sejumlah relawan LAZNAS Wahdah melakukan antisipasi kepada warga dan pengendara bermotor di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa atau TPA Antang, Kecamatan Manggala, Sulsel, Senin (16/9/2019).

Para relawan tampak terlihat membagikan masker di sepanjang jalan. Aksi ini dikarenakan para warga mulai mengeluhkan kondisi udara yang tercemar. Sebagaimana diketahui sebelumnya, Sebelumnya, sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa, Antang, Kecamatan Manggala, Makassar, terbakar, Minggu (15/9/2019). Bahkan dari laporan warga sekitar, tiga ekor sapi yang diternakkan di tempat tersebut hangus terpanggang si jago merah.

Kebakaran yang terjadi sejak pukul 13.00 siang tadi, itu berlangsung hingga malam hari. Para warga masih memilih bertahan di dalam rumah. Kondisi sampah yang sudah kering membuat aparat pemadam kebakaran baru bisa memadamkan api setelah 15 jam berlalu.

“Kita turun dibagi atas dua tim. Kami menyebar di jalan-jalan, termasuk masuk ke kompleks perumahan warga,” kata Zulkarnain, Direktur Program dan Pemberdayaan LAZNAS Wahdah, Senin (16/9/2019).

Hingga kini, belasan hingga puluhan armada Damkar Kota Makassar masih hilir mudik melakukan proses pemadaman. Kondisi cuaca yang cukup panas ditambah angin yang bertiup kencang menjadi tantangan tersendiri bagi aparat yang bertugas.

Warga kini membutuhkan bantuan kesehatan. Akibat asap yang mengepul, banyak diantara warga yang mengalami gangguan alat pernapasan. []

Tinggalkan Balasan