Hukum Menunda Pembayaran Zakat
LAZISWahdah.com
– Soal : Bolehkah menunda pembayaran zakat hingga tahun depan ? Dan bagaimana hukumnya kalau ada orang yang menyegerakan pembayaran zakatnya tahun depan dengan membayarnya pada saat sekarang ?

Jawab: Seorang muslim wajib membayar zakat ketika hartanya telah tertabung selama setahun, hanya saja ia boleh menundanya bila ia memiliki udzur atau alasan syar’i, seperti karena uang tersebut dihutang oleh orang lain dan belum dibayar sedangkan ia juga sangat perlu dengan harta atau uang. Namun wajib baginya, bila hutang tersebut telah dibayar padanya, untuk segera mengeluarkan zakatnya.

Sedangkan menyegerakan pembayaran zakat walaupun hartanya belum tertabung sampai satu tahun penuh, maka hukumnya boleh, apalagi bila ia melihat adanya maslahat besar dalam penyegeraan pembayaran zakat tersebut. Misalnya, hartanya akan sampai setahun bila Ramadhan nanti, tapi karena pada bulan Rajab atau Sya’ban ia melihat ada orang fakir miskin yang membutuhkan uang atau harta tersebut, maka tidak mengapa baginya untuk segera menolong mereka dengan membayarkan zakat harta tersebut walaupun belum sampai setahun, dan ini sesuai anjuran Nabi shallallahu’alaihi wasallam pada paman beliau ‘Abbas bin Abdul-Muththalib radhiyallahu’anhu agar menyegerakan pembayaran zakatnya dalam hadis shahih, dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu: “Bahwasanya Abbas bin Abdul-Muththalib paman Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam meminta izin pada Rasulullah untuk menyegerakan pembayaran zakatnya sebelum tiba masa setahun, maka beliaupun memberikan padanya  kelonggaran untuk melakukannya”. (HR Abu Daud: 1624, dan Tirmidzi: 685).

Adapun syarat harus tertabung selama setahun hanyalah merupakan syarat wajib, bukan syarat sahnya pembayaran zakat, Wallaahu a’lam.[1]

[1] .Fatawa Lajnah Daaimah: 9/422, Fatawa Nur ‘Ala Al-Darb: 15/300-302, dan Fatawa Syaikh Al-‘Utsaimin: 18/328,

Sumber : Buku 100 Soal Jawab Seputar ZIS & Perkara Yang Berkaitan Dengannya
Penulis : Ustadz Maulana La eda, Lc (Mahasiswa Pasca Sarjana Islamic University of Madinah, KSA & Kontributor Majalah Sedekah Plus)

———————————

Informasi Zakat Fitrah Lazis Wahdah:

Menerima dan menyalurkan beras Zakat Fitrah dgn takaran 3.5 liter per orang, dan juga disediakan beras untuk Zakat Fitrah yg mau sistem transfer/tunai dgn tipe/harga sbb:

Kelas 1 : Rp.11,000/ltr (Rp.38.500/org) >> Jenis Beras Kepala PERTANI Super
Kelas 2 : Rp.8,500/ltr (Rp.29.750/org) >> Jenis Beras Menengah baru panen.

Info Selengkapnya via SMS/WA ke 085315900900

Tinggalkan Balasan