Pernahkah kita merasa galau saat gaji hanya numpang lewat saja? Baru beberapa hari setelah Pay Day, eh isi saldo sudah tipis lagi. Padahal, kebutuhan hidup tidak hanya berkutat pada transportasi, makan dan lifestyle aja lho.⁣⁣⁣

Jangan biarkan gaji hanya numpang lewat doang, gunakan penghasilanmu untuk hal yang bermanfaat dan pastinya sesuai dengan syariat agama agar gajian kita berkah.

1. Sisihkan Penghasilan untuk Menabung & Investasi

Jika ada sisa dari uang bulanan, sebagian orang biasanya baru terpikir untuk ditabung. Lalu, kalau uang bulanan habis, nggak bisa nabung dong?

Sudah mempersiapkan investasi seperti rumah sendiri, tabungan ibadah haji/umroh hingga menikah ataupun pendidikan anak. Yakin, semua itu sudah dipersiapkan?

Sisihkan dahulu penghasilan yang dimiliki untuk ditabung dan dijadikan investasi. Paling tidak 20 sampai 30 persen dari penghasilan

3. Kebutuhan Bulanan

Saat gajian, sisihkan terlebih dahulu uang untuk kebutuhan bulanan. Kalau kita sudah keburu menghabiskan uangnya untuk belanja, mau makan apa akhir bulan? Untuk itu, sebisa mungkin pisahkan uang untuk kebutuhan hidup dalam sebulan di amplop terpisah atau rekening yang berbeda.

4. Gajian Jangan Lupa Bayar Hutang

Siapkan gaji untuk membayar hutang. Ingat, hutang jangan dibuat menumpuk. Apalagi ada cicilan bayar tepat waktu agar tidak menumpuk dan terkena denda (riba).

5. Jangan Lupa Sisihkan untuk Zakat dan Sedekah 2,5% dari Penghasilan

Bersedekah sangat dianjurkan dalam Islam, karena pada sebagian harta adalah milik orang lain. Sisihkan 2,5 persen dari penghasilan untuk disumbangkan ke anak Yatim Piatu dan orang yang membutuhkan.

▶️ Rekening Zakat
Bank Syariah Indonesia (BSI) 496 900 9008
Bank Muamalat 801 004 8366
An. Wahdah Inspirasi Zakat
⁣⁣⁣⁣⁣⁣
▶️ Konfirmasi Transfer Donasi
Call Center WIZ 082315900900


Luaskan Manfaat Sedekah Anda

Tinggalkan Balasan