Menguping atau mendengarkan pembicaraan pribadi orang lain kerap dianggap sebagai hal biasa. Namun tahukah Anda? Ternyata dalam ajaran Islam perbuatan ini benar-benar dilarang.

Allah ta’ala bahkan menjanjikan ganjaran yang berat bagi orang-orang yang melakukan perbuatan ini. Mereka yang suka menguping akan dituangkan ke kedua telinganya timah mendidih pada hari kiamat.

Rasulullah ﷺ juga pernah mengingatkan dalam sebuah hadis, “Siapa saja mendengarkan pembicaraan suatu kaum, sedang mereka membenci hal itu niscaya dituangkan kedua telinganya timah mendidih pada hari kiamat.” (HR Bukhari)

Namun, dalam situasi tertentu. menguping masih diperbolehkan. Jika seseorang mendengar saudaranya sesama muslim digibahi, dihina dan dilecehkan, Nabi justru menganjurkan untuk membela kehormatan saudaranya tersebut. Hal ini juga dilakukan Rasulullah ﷺ.

“Barangsiapa menguping omongan orang lain, sedangkan mereka tidak suka (kalau didengarkan selain mereka), maka pada telinganya akan dituangkan cairan tembaga pada hari kiamat.” (HR Bukhari No. 7042)

Tinggalkan Balasan