Ketua Ikatan Ulama Palestina Syaikh Dr. Nawaf Attakroriy dan Ketua Ikatan Sekolah Islam Turki Dr. Su’ad Yasin kunjungi “Kita Palestina” di Jakarta

wiz.or.id, Jakarta — Ketua Ikatan Ulama Palestina Syaikh Dr. Nawaf Attakroriy dan Ketua Ikatan Sekolah Islam Turki Dr. Su’ad Yasin kunjungi “Kita Palestina” di Jakarta pada Selasa, 5/3/24. Kunjungan ini diterima oleh Sekretaris Kita Palestina Ustadz Jayadi Hasan bersama Ustadz Rahmat Abdurrahman dan Ustadz Ridwan Hamidi dari Wahdah Islamiyah.

Di tengah peperangan yang terjadi di Palestina akibat serangan Israel, Syaikh Nawaf selaku Ketua Ikatan Ulama Palestina melakukan lawatan ke beberapa tempat di Indonesia. Salah satu yang dikunjunginya adalah Komite Solidaritas Palestina (Kita Palestina), lembaga yang selama ini concern terhadap isu Palestina.

Di tengah kunjungannya Syaikh Nawaf sangat berharap umat Islam di Indonesia terus mendukung perjuangan rakyat Palestina. Menurutnya, Indonesia punya potensi besar untuk mendukung bangsa Palestina mendapatkan kembali hak kemerdekaannya.

Bukan tanpa alasan, Syaikh mencontohkan bahwa dulu pernah ada Shalahudin Al Ayyubi. Pahlawan pembebas Palestina yang bukan berdarah Palestina. Demikian juga Indonesia, menurutnya punya peluang yang tidak kalah besarnya.

Dukungan yang mereka harapkan bukan hanya bantuan berupa logistik. Termasuk yang paling penting adalah penjelasan kepada seluruh umat Islam Indonesia tentang pentingnya membela Palestina.

Palestina, lebih khusus lagi Masjid Al Aqsha, adalah milik umat Islam. Bukan hanya milik orang Palestina. Pembebasan Palestina adalah tanggung jawab semua. Menurutnya, masih perlu kerja keras untuk mengedukasi umat Islam tentang hal ini.

Syaikh Nawaf sangat mengapresiasi kiprah Kita Palestina yang sudah aktif berkontribusi melalui berbagai kegiatan kepalestinaan di dalam negeri maupun luar negeri. Termasuk penyaluran bantuan langsung ke Palestina.

Beliau mendorong agar kerjasama kelembagaan bisa diperluas lagi. Bukan hanya di lingkup nasional, namun juga sampai meluas ke Asia Tenggara.

Ustadz Jayadi Hasan yang merupakan Ketua Depertemen Urusan Luar Negeri di Wahdah Islamiyah dan juga Anggota Ikatan Ulama dan Da’i Asia Tenggara, menyambut baik masukan-masukan tersebut. Beliau siap mensinergikan dengan berbagai lembaga baik di kancah nasional maupun regional Asia Tenggara.

Baca juga: WIZ Buka Dapur Umum di Jalur Gaza untuk Bantu Penuhi Buka dan Sahur Rakyat Palestina