Happiness-Hacks-9-Things-Proven-to-Make-You-Happy

LAZISWahdah.com – Senyum bukan sekedar ekspresi bahagia, tetapi senyum juga bisa menjadi cara untuk “menghipnotis” keadaan menjadi bahagia. Saat senyum, berarti kita sedang menebarkan aura positif di sekitar kita. Orang yang mendapatkan senyuman kita akan ikut senyum. Oleh karena itu, tidak salah jika ada yang mengatakan “karena senyuman dunia menjadi bahagia”.

Bukan hanya itu, ternyata senyuman juga memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Telah banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut. Berikut beberapa khasiat tersebut.

Menguatkan sistem imun

Senyum membantu tubuh menjadi rileks bahkan dapat mengurangi kekakuan sampai ke tingkat sel. Hal ini memungkinkan bagi sistem kekebalan tubuh untuk bereaksi lebih cepat dan lebih efektif dalam melawan infeksi penyakit. Dalam bukunya “Secrets of Your Cells”, ahli biokimia Sondra Barrett menjelaskan bagaimana sel dapat membedakan rasa aman dan bahaya, lalu menemukan dan memperbaiki masalah serta menciptakan keseimbangan dalam tubuh.

Mengurangi stres

Saat senyum, suasana hati menjadi lebih baik, sehingga segala masalah yang menjadi beban pikiran dapat dapat terkendali. Tersenyum juga dapat melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi dan menyingkirkan hormon stres.

Dalam sebuah penelitian, sebanyak 170 orang yang telah melakukan pekerjaan berat diminta menahan sumpit di mulutnya dalam tiga formasi. Ketika para partisipan melakukannya, banyak di antara mereka tersenyum tanpa disadari. Penelitian itu menunjukkan, orang yang tersenyum paling lebar mengalami pengurangan substansial dalam denyut jantung dan pemulihan stres lebih cepat daripada yang tidak terlalu banyak berekspresi.

Menyehatkan otak

Secara alami, otak cenderung untuk berpikir negatif sebagai mekanisme pertahanan. Nah, senyum dapat membantu pikiran lebih positif. Menurut penulis “The Happines Advantage” Shawn Achor, dengan tersenyum setiap hari otak akan menciptakan kebahagiaan yang mampu mendorong pikiran positif. “Kebahagiaan adalah etos kerja. Hal itu diperlukan otak untuk berlatih,” ujar Achor.

Terlihat lebih muda

Senyum secara alami dapat membantu otot-otot wajah berfungsi optimal, sehingga kulit wajah akan terjaga kekencangannya dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan seperti kulit keriput, kantung mata membesar dan sebagainya.

Mungkin inilah rahasianya mengapa Islam menganjurkan ummatnya untuk menebar senyum bahkan pahala senyum disetarakan dengan pahala sedekah. Seperti dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

“Senyummu di hadapan saudaramu adalah sedekah” (HR. Tirmidzi 1956, ia berkata: “Hasan gharib”. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib)

Semoga bermanfaat []

Sumber : Majalah Sedekah Plus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *