Melihat Aktivitas Ramadhan di Masjid Al Jamil Bima

Wiz.or.id, Bima – Masjid Al Jamil di Dusun Rengga, Desa Ntoke, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat dulunya sangat sederhana.

Atap rumbia dan beralaskan tanah, mirip “kandang sapi” jika kita melihatnya dari luar. Namun hari ini, Masjid tersebut sudah terlihat lebih layak.

“Benar-benar karunia Allah, alhamdulillah masjidnya sudah kita bangun dan aktivitas jamaahnya sudah mulai terlihat,” kata Afri, fasilitator program WIZ, Ahad (17/4/2023).

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) di Masjid tersebut adalah berbagi buka puasa.

“Alhamdulillah program Iftar berjalan lancar dengan perjalanan panjang yang cukup terjal dan babatuan menempuh perjalanan kurang lebih 2,5 Jam dari Kota Bima, kemudian lanjut perjalan ke lokasi 30 Menit dengan jalan kaki dari Dusun Wanca,” jelasnya dalam pesan singkat yang ia kirimkan.

Dilaporkan sebanyak 50 paket iftar disalurkan di dusun terpencil itu.

“Alhamdulillah mereka sangat senang dengan kedatangan dai relawan terlebih karena adanya program buka puasa ini untuk mereka. Mengingat akses jalan sangat sulit di lalui oleh kendaraan yang bermotor, mengingat jalan yang terjal dan dipisahkan dengan air yang begitu deras,” jelasnya.

Ia mengatakan jika masyarakat di sana saat ini menanam jagung dan berhadapan dengan hama monyet dan babu meskipun demikian mereka tidak meninggalkan puasa, kebanyakan menetap di gunung. []


Luaskan Manfaat Sedekah Anda