LAZIS Wahdah - Pak Umar Abdullah, Tokoh Adat Distrik Per Papua yang Juga Alumni Tadribut Ad-Duat Wahdah Islamiyah

LAZISWahdah, Papua — Siapa sangka, seorang tokoh adat yang begitu disegani di kampungnya ternyata adalah alumni Program Tadribut ad-Duat atau Sekolah Dai Wahdah Islamiyah. Beliau bernama Bapak Umar Abdullah yang sekarang berdomisili di Kampung Per Distrik Agats Kabupaten Asmat Papua, sebuah kampung pulau yang bisa dijangkau selama ±1 jam dengan memanfaatkan perahu mesin dari kota Agats. Dari pengakuannya saat ditemui TIM LAZIS Wahdah, jumlah muslim di distrik tersebut telah mencapai 90 orang yang berarti 56% dari total penduduk di distrik tersebut.

”Alhamdulillah, kita tidak pernah menyangka kalau kaum muslimin di pulau ini sudah mencapai separuh dari total penduduk. Bahkan kami akui, mereka masuk Islam bukan karena paksaan melainkan karena kesadarannya sendiri,” ucapnya, Senin (12/2).

Menariknya, anak ketiganya yang bernama Muhammad Hatta ternyata telah masuk Islam lebih dahulu dibandingkan dengan dirinya.

”Hatta ini sudah diislamkan sejak bayi. Saya yang suruh pak ustadz untuk mengislamkan. Alasannya saya ingin anak saya jadi orang baik seperti kebanyakan orang Islam yang saya temui,” tambahnya.

Pak Umar sudah dua kali melaksanakan umroh dan istrinya baru sekali. Bahkan Hatta sudah pernah ke Jawa dan belajar di Pesantren selama beberapa tahun dan sekembalinya ke kampung halamannya,dakwah Islam semakin mengalami kemajuan. Semoga ini adalah tanda kebaikan bagi Bumi Cendrawasih yang kita cintai. []

Tinggalkan Balasan