Rezeki merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Setiap orang pasti menginginkan rejeki yang lancar dan berlimpah untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Namun, terkadang seseorang dapat merasa sulit untuk mendapatkan rezeki yang diharapkan. Dalam pandangan agama Islam, ada beberapa amalan dan sikap yang dapat menjadi penyebab dilancarkan rezeki. Salah satunya adalah pandangan dari seorang ulama besar, Imam Ibnul Qayyim.

Imam Ibnul Qayyim, seorang ulama ternama dalam dunia Islam, menyebutkan bahwa ada empat hal yang dapat menjadi pelancar rezeki bagi seorang Muslim. Keempat hal ini adalah sebagai berikut:

Qiyamul Lail

Qiyamul Lail atau sering disebut juga dengan tahajjud, adalah ibadah yang dilakukan dengan bangun di malam hari untuk melaksanakan shalat. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam sangat menganjurkan untuk melaksanakan shalat tahajjud karena memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah mendatangkan keberkahan dan membuka pintu rezeki. Ketika seseorang beribadah di malam hari dengan khusyuk dan penuh ketulusan, Allah akan memberkahi usahanya dan melancarkan rezeki baginya.

Banyak Istighfar di Saat Sahur

Istighfar adalah istilah yang merujuk kepada permohonan ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Imam Ibnul Qayyim menyarankan untuk banyak beristighfar di saat sahur, yaitu ketika makan sahur sebelum fajar. Dalam momen tersebut, keberkahan dan ampunan Allah sangat dekat, sehingga beristighfar dengan tulus dapat membuka pintu rezeki yang selama ini terkunci.

Membiasakan Diri Bersedekah

Bersedekah adalah salah satu amal kebajikan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Membantu sesama dengan memberikan sebagian rezeki yang dimiliki adalah tindakan yang dihargai dan dibalas oleh Allah dengan keberkahan serta pelancaran rezeki. Ketika seseorang membiasakan diri untuk bersedekah, meskipun hanya dalam jumlah yang kecil, Allah akan melipatgandakan rezekinya dan membuka pintu-pintu rizki yang lebih luas.

Berzikir Pagi dan Petang

Berzikir, yaitu mengingat dan menyebut nama Allah dengan lafadz tertentu, adalah bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Imam Ibnul Qayyim menekankan pentingnya berzikir khususnya pada waktu pagi dan petang. Dengan meluangkan waktu untuk berdzikir, hati seseorang menjadi tenang dan bersih dari kegelisahan. Hal ini dapat membantu menghadirkan keberkahan dan kelancaran dalam rezeki yang didapatkan.

Keempat hal di atas merupakan amalan dan sikap yang sangat dianjurkan dalam agama Islam untuk melancarkan rezeki. Namun, perlu diingat bahwa rezeki yang diterima seseorang juga tergantung pada takdir dan kehendak Allah. Oleh karena itu, setiap Muslim dianjurkan untuk tetap berusaha dengan ikhtiar dan tawakal kepada Allah dalam setiap aspek kehidupannya, termasuk dalam mencari rezeki. Dengan menjalankan amalan-amalan yang dianjurkan dan mengandalkan pertolongan Allah, diharapkan rezeki yang dilancarkan akan membawa keberkahan dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah artikel tentang penyebab dilancarkan rezeki. Semoga kita senantiasa dimudahkan mengerjakan amalan-amalan tersebut. Aamiin.

Yuk gabung di grup WhatsApp Sahabat Inspirasi