POSKO MEDIS WIZ-WP BERIKAN LAYANAN KESEHATAN BAGI PENYINTAS BENCANA DI NTT

 

Wiz.or.id, Nusa Tenggara Timur — Hingga hari ke enam pasca banjir bandang di hampir seluruh Kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT), sejumlah relawan maupun masyarakat mulai membersihkan rumah-rumah dan bangunan.

 

Meski saat ini masih terjadi hujan ringan hingga sedang namun keadaan tersebut tak menyurutkan semangat tim Laznas Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) bersama relawan lokal untuk turut hadir membantu warga. Program pos pelayanan medis, kolaborasi bersama salah seorang dokter dari Wahdah Peduli dilaksanakan guna membantu pemulihan kesehatan warga terdampak bencana di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, NTT.

 

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dipusatkan di gedung SD Inpres Waiburak, dengan rata-rata keluhan seperti sakit kepala, luka ringan dan batuk.

 

Salah seorang yang dapat perawatan adalah Agil Arjuna (12 tahun) yang mengalami luka di tangan dan Bahria (31 tahun) yang sering mengalami susah tidur dan sakit kepala.

 

Melalui pesan tertulis, Kordinator relawan, Ridwan Umar melaporkan bahwa tim masih terus bergerak, memantau dan mendistribusikan bantuan di seluruh pulau Adonara.

 

Berdasarkan data dari BNPB pukul 13.00 WIB, per 7 April 2020, bencana banjir bandang telah mengakibatkan 138 Jiwa meninggal dunia, 61 Jiwa hilang, 129 jiwa luka-luka, 1.700 Kepala Keluarga (KK) atau 4.829 Jiwa terdampak dan 2.019 (KK) atau 13.266 Jiwa mengungsi. Sementara di sisi lain, kerugian material meliputi 688 unit rumah rusak berat, 272 unit rumah rusak sedang, 154 unit rumah rusak ringan, 60 unit rumah terendam, 1992 unit rumah terdampak, 87 unit fasum terdampak dan 24 unit fasum rusak berat.[]

 

⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

Bagikan ke media sosial Anda:

Home
Donasi
Hitung Zakat
Login