Wiz.or.id – Manajer Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) Wilayah Kaltim, Jurais, S.M. mengapresiasi terobosan inovatif Kanwil Kemenag Kaltim yang mencanangkan Kampung Zakat. (17/01/2022)

Kanwil Kemenag Kaltim melalui Seksi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf menggagas kampung zakat, libatkan LAZNAS Wahdah Inspirasi Zakat Wilayah Kaltim dan Pemerintah Desa Santan Tengah.

Kampung zakat adalah sebuah program yang berorientasi pada pendayagunaan dana zakat, infak dan sedekah untuk pemberdayaan masyarakat terepencil yang menyasar 4 dimensi, pendidikan, kesehatan, dimensi sosial kemanusiaan dan dimensi dakwah.

Wahdah Inspirasi Zakat sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat yang eksis di Kalimantan Timur, turut serta dalam program tersebut, dan konsen pada dimensi sosial kemanusiaan.

Setelah melakukan survei, WIZ Kaltim menindaklanjuti dengan melakukan kegiatan pelatihan budi daya lebah madu trigona pada program kampung zakat di Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara yang sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan Bimtek Bantuan Ternak Ayam untuk 40 Mustahik oleh Kanwil Kemenag Kaltim.

Tim WIZ mendapat kesempatan menyerahkan secara simbolis bantuan berupa pelatihan dan modal untuk budi daya lebah madu trigona senilai Rp.30.000.000,- kepada warga Desa Santan Tengah.

Kegiatan tersebut dihadiri Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kaltim, Bapak H. Muhammad Isnaini, S.Ag. M.Pd., Kasi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Ibu Hj. Aniek Prameswati, M.M., Kepala Desa Santan Tengah, Bapak Narsrullah, serta 15 peserta dari Warga Desa Santan Tengah.

“Program Kampung Zakat ini merupakan karunia Allah Ta’ala, melalui program Kampung Zakat ini mengangkat nama Desa Santan Tengah. Kami mengucapkan terima kasih kepada WIZ Kaltim atas penyelenggaraan Pelatihan Budi Daya Lebah Madu Trigona dan Pemerintah desa berharap seperti yang disampaikan oleh Manajer Wilayah WIZ Kaltim bahwa Santan Tengah dapat menjadi sentra penghasil Lebah Madu Trigona.” Ungkap Bapak Nasrullah, Kepala Desa Santan Tengah

Hal senada juga disampaikan Kabid Bimas Islam Kemenag Kaltim, Bapak H. Muhammad Isnaini, S.Ag., M.Pd. “Tahun ini adalah tahun terakhir untuk pelaksanaan Program Kampung Zakat yakni berlokasi di Santan Tengah yang berlangsung sejak 2020, dan hal ini merupakan suatu kebanggaan karena Santan Tengah terpilih sebagai Pelaksanaan Program Kampung Zakat dari seluruh Desa yang ada di Kalimantan Timur, harapannya di sisa waktu ini bisa lebih dioptimalkan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang tersisa.”

“Kampung Zakat ini diharapkan menjadikan warga masyarakatnya sejahtera, dan ke depan tidak lagi menjadi penerima zakat, namun menjadi pemberi zakat.” pungkas Bapak H. Muhammad Isnaini.

Pada kesempatan ini dirangkaikan pula dengan Penyerahan Izin Perwakilan LAZNAS Wahdah Inspirasi Zakat Wilayah Kalimantan Timur sekaligus pengukuhan kelompok ternak budi daya lebah madu trigona secara simbolis oleh Bimas Islam Kanwil Kemenag Kaltim dan WIZ Kaltim.[*]


Luaskan Manfaat Sedekah Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *