soursopLAZISWahdah.com – Bagi sebagian orang, sirsak dianggap sebagai buah murahan. Mungkin itu sebabnya sehingga hampir mustahil mendapatkan buah ini di etalase buah supermarket. Bahkan di toko buah sekalipun. Namun dibalik anggapan yang demikian ternyata buah sirsak salah satu obat yang sangat efektif untuk mengobati penyakit kanker dan tumor.
Menurut penelitian penyakit kanker dan tumor ini belum ada obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit tersebut sebelum ditemukannya manfaat buah sirsak ini. Buah yang dagingnya warna putih dan lembek ini memiliki efek anti kanker dan tumor yang sangat ampuh.

Studi di Purdue University membuktikan bahwa daun graviola (sirsak) mampu membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel kanker: prostat, pankreas, dan paru-paru. Hasil riset dari beberapa universitas tersebut bisa membuktikan jika pohon ajaib dan buahnya ini bisa menyembuhkan penyakit tersebut, seperti dilansir dari eastlifes.com.
Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.
Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak.

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan masa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3g/100 g daging buah.

Konsumsi 100g daging buah dapat memenuhi 13% kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.
Nah, dari informasi di atas seharusnya kita tak lagi menganggap remeh tanaman sirsak. Lagian sirsak bisa diolah menjadi jus yang tidak kalah enaknya dengan buah lainnya.

Bagi yang punya kebun ataupun apotek hidup di dekat rumah, akan lebih lengkap jika ditanami juga dengan sirsak.[]

Tinggalkan Balasan