Gaya belanja seorang ibu rumah tangga akan sangat berefek pada kondisi keuangan keluarga. Karenanya, sebagai manager keuangan, seorang ibu rumah tangga harus super hati-hati menjalankan peran ini.

Agar keuangan tidak “jebol” ataupun boros saat belanja bulanan, ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Klasifikasikan daftar belanja. Misalnya daftar belanja dibagi menjadi 3; belanja bulanan, belanja harian dan belanja tambahan.

Belanja bulanan menyangkut barang-barang yang tidak akan rusak jika saya beli dalam jumlah banyak untuk kurun waktu sebulan. Misalnya: beras, gula, kopi, teh, tepung terigu, minyak goreng, bawang merah, bawang putih untuk keperluan dapur. Detergen, sabun cream, sabun mandi, pasta gigi, shampo, pewangi, pelembut pakaian,  untuk kebutuhan sumur. Propolis dan madu untuk kebutuhan suplemen kesehatan.
Sementara belanja harian menyangkut kebutuhan yang dibutuhkan setiap hari. Sifat barangnya bisa rusak jika disimpan lama. Seperti sayuran, buah-buahan dan lauk pauk atau camilan. Untuk kebutuhan ini, beli sesuai kebutuhan harian.

Belanja tambahan. Misalnya, buku, mainan anak-anak, pakaian, sepatu, sandal dll. Jika dua daftar belanja diatas berstatus wajib, maka belanja kali ini berstatus mubah. Tentu saja tidak setiap bulan diadakan anggaran. Bisa dua bulan sekali atau tiga bulan sekali.     

  1. Membuat catatan belanja (database kebutuhan). ini penting supaya kita benar-benar hanya membeli apa yang kita butuhkan saja. Dan agar kita tidak melupakan apa yang kita butuhkan karena kehabisan uang. Terbuai dengan apa yang kita inginkan. Database ini akan menjadikan kita fokus pada barang yang kita cari saja.

    3. Tetapkan tempat belanja. Belanja bulanan, biasanya dilakukan akhir atau awal bulan. Untuk belanja bulanan pusat grosir patut menjadi tujuan. Sebab, dengan kuantitas yang cukup banyak belanja di pusat grosir akan jauh lebih murah.
    Untuk belanja harian sebaiknya di pasar tradisional saja. Selain harganya lebih murah dan bisa ditawar dibanding belanja di supermarket. Semakin pandai Anda menegosiasikan harga, maka harga yang didapat akan semakin murah.

Adapun belanja tambahan, Anda harus menetapkan barang tertentu yang ingin dibeli pada bulan tertentu.

4. Bawalah uang pas. Ketika daftar kebutuhan sudah kita buat, jangan lupa untuk memperkirakan harga, dan tuliskan di masing-masing item. Lalu akumulasikan jumlah belanja anda. Ini juga penting. Agar kita tak berlebihan ketika membawa uang saat pergi belanja. Membawa uang pas juga akan mengontrol diri kita agar tak gelap mata membeli sesuatu yang tidak kita perlu.[]

Sumber : Majalah Sedekah Plus

Tinggalkan Balasan