Salah satu waktu mustajab doa adalah di hari Jumat. Semua doa kebaikan pasti dikabulkan Allah Subhanahu wa ta’ala pada hari Jumat khususnya sore ba’da Sholat Ashar.

Ini sebagaimana dijelaskan dalam dalil-dalil sahih. Maka itu, umat Islam jangan sampai terlewat. Salah satu hadis yang menegaskan keutamaan hari Jumat adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud.

Dalam hadis tersebut, Rasulullah ﷺ bersabda, “(Waktu siang) di hari Jumat ada 12 jam. Jika seorang muslim memohon pada Allah ‘azza wa jalla sesuatu (disuatu waktu di hari Jumat) pasti Allah ‘azza wa jalla akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut, yaitu di waktu-waktu akhir setelah Ashar.” (HR Abu Daud).

Hadis ini menunjukkan bahwa waktu-waktu akhir di hari Jumat adalah momen yang penuh berkah, di mana doa-doa seorang muslim akan dikabulkan oleh Allah.

Dikatakan bahwa di hari Jumat, ada 12 jam waktu siang. Dari berbagai penafsiran, waktu-waktu akhir di hari Jumat merujuk pada waktu-waktu setelah Ashar hingga menjelang Maghrib. Di saat-saat ini, para muslim dianjurkan untuk lebih sering berdoa dan memohon kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Mengapa waktu akhir di hari Jumat memiliki keistimewaan? Ada beberapa alasan yang bisa dipertimbangkan. Pertama, hari Jumat adalah hari puncak ibadah bagi umat Islam, yaitu melalui shalat Jumat. Saat itu, banyak orang berkumpul di masjid untuk bersama-sama beribadah kepada Allah. Kehadiran jamaah dalam shalat Jumat menciptakan suasana yang khusyuk dan penuh berkah.

Kedua, saat-saat akhir di hari Jumat merupakan waktu penuh harapan dan permohonan. Setelah menunaikan shalat Jumat, para muslim cenderung lebih fokus dalam berdoa dan memohon kepada Allah. Kita memohon ampunan-Nya, meminta keberkahan dalam hidup, berdoa untuk keluarga, sahabat, dan umat Islam di seluruh dunia.

Ketiga, setiap waktu yang Allah tetapkan memiliki keistimewaan dan berkahnya masing-masing. Allah menciptakan waktu untuk kita sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya dan memohon segala kebutuhan dan keinginan kita.

Dengan mengingat dan memanfaatkan waktu akhir di hari Jumat dengan baik, kita bisa meraih berkah dan kemuliaan dari Allah. Melalui doa-doa yang tulus dan penuh harapan, kita bisa mendapatkan apa yang kita butuhkan dan bahkan keinginan yang diimpikan. Namun, tentu saja, kita harus selalu berdoa dengan kesadaran dan keikhlasan, serta selalu merasa bersyukur atas segala nikmat dan karunia-Nya.

Mari manfaatkan setiap momen berharga di hari Jumat untuk berdoa, memohon ampunan, dan mendekatkan diri kepada Allah dengan penuh keyakinan. Semoga Allah selalu mengabulkan doa-doa kita dan memberikan berkah-Nya dalam setiap langkah perjalanan hidup kita. Wallahu a’lam.

Demikianlah artikel tentang waktu mustajab doa. Semoga bermanfaat!

Yuk gabung di grup WhatsApp Sahabat Inspirasi