Ilustrasi cara dukung Palestina

Ada empat cara mendukung Palestina:

Doa Qunut Nazilah dalam Shalat Berjamaah 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyerukan kepada umat Islam di seluruh dunia untuk melaksanakan shalat ghaib bagi syuhada Palestina di masjid-masjid seluruh Indonesia, dan melakukan Qunut Nazilah guna mendoakan keselamatan bagi bangsa Palestina dan semoga Allah Subhanahu Wata’ala memberi kekuatan dan kemampuan dalam mewujudkan kemerdekaan penuh dan perdamaian abadi.

Donasi

Kementerian Agama telah menerbitkan Surat Edaran bernomor 12 Tahun 2023 yang ditujukan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Pejabat Kemenag hingga ke Pengelola Rumah Ibadah dan seluruh umat beragama.

Bagi umat beragama yang akan memberikan donasi untuk warga Palestina, surat Edaran Menag mengatur ketentuan berikut:

a. bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama, donasi dikoordinasikan oleh masing-masing satuan kerja; dan

b. bagi Lembaga/Organisasi Kemasyarakatan Keagamaan dan Pengelola Rumah Ibadah, donasi melalui BAZNAS atau lembaga donasi keagamaan lainnya yang resmi dan akuntabel.

Boikot Produk Pendukung Penjajah

MUI telah mengeluarkan fatwa Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Pejuang Palestina.

“Umat Islam diimbau untuk semaksimal mungkin menghindari transaksi dan penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel serta yang mendukung penjajahan dan zionisme,” demikian seperti dikutip dari Fatwa MUI, Jumat (10/11/2023).

Kampanye Solidaritas di Media Sosial

Peran warganet dalam memengaruhi wacana publik semakin penting. Warganet tidak lagi hanya menjadi penonton pasif, tetapi mereka juga memiliki andil besar dalam membentuk pandangan dan opini di masyarakat. Salah satu contoh konkret dari dampak positif yang bisa dihasilkan oleh peran warganet adalah kampanye solidaritas untuk Palestina, termasuk melawan hoaks dan opini sesat yang ingin memutar balikkan fakta sebenarnya.

Baca juga: Hitam Putih Memandang Perjuangan Bangsa Palestina