Ilustrasi doa berlindung dari hilangnya nikmat

Doa merupakan sarana komunikasi antara manusia dengan Allah. Melalui doa, manusia dapat mengungkapkan harapan, keinginan, dan permohonan kepada-Nya. Salah satu doa yang penting dan sangat dianjurkan dalam agama Islam adalah doa berlindung dari hilangnya nikmat dan kesehatan.

Doa tersebut diriwayatkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim nomor 2739, yang berbunyi:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Allohumma Innii A’uudzu Bika Min Zawaali Ni’matik, Wa Tahawwuli ‘Aafiyatik, Wa Fujaa’ati Niqmatik, Wa Jamii’i Sakhothik

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu.”

Doa ini memiliki makna yang dalam dan mengandung pengertian yang luas. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia seringkali lupa akan nikmat yang telah diberikan oleh Allah. Nikmat-nikmat tersebut bisa berupa kesehatan, kekayaan, kebahagiaan, dan segala hal yang dapat membuat hidup menjadi nyaman dan sejahtera.

Namun, seringkali manusia terlena dengan nikmat-nikmat tersebut. Mereka lupa bahwa segala sesuatu yang dimiliki dapat diambil kembali oleh Allah dengan cepat dan tiba-tiba. Oleh karena itu, melalui doa ini, kita memohon perlindungan kepada Allah agar tidak kehilangan nikmat-Nya.

Kita juga memohon perlindungan dari berubahnya kesehatan yang telah Allah anugerahkan. Kesehatan adalah salah satu nikmat terbesar yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. Ketika kita sehat, kita dapat melakukan berbagai aktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. Namun, saat kesehatan berubah atau terganggu, segala hal dalam hidup kita juga terpengaruh.

Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah agar kesehatan yang telah diberikan tetap terjaga dan tidak berubah menjadi sakit atau penyakit. Kita menyadari bahwa kesehatan adalah karunia Allah yang harus kita syukuri dan jaga dengan sebaik-baiknya.

Demikianlah artikel tentang doa berlindung dari hilangnya nikmat dan kesehatan ini. Anda juga dapat membaca artikel tentang doa-doa lainnya.