LAZISWahdah.com, Maluku — Sejak tahun 2007 silam, ia berjuang mendakwahkan Islam ke seluruh pelosok Maluku. Bahkan perjuangannya membuahkan hasil yang begitu signifikan. Dakwahnya kian tersebar se antero pulau-pulau kecil disekitaran Maluku. Ia merinci, pulau Obi, pulau Bacan, pulau Morotai, pulau Halmahera Tengah dan pulau Halmahera Timur.

Namanya ustadz Rusman Mandu, dai Wahdah Islamiyah ini rutin berdakwah ke pulau-pulau dengan menggunakan perahu yang disewanya seorang diri. Bahkan ia mengaku, jika ia tak sungkang menyedekahkan sedikit hartanya untuk dakwah ini, meskipun beliaulah yang sebenarnya perlu dibantu.

Kepada LAZISWahdah.com ia mengaku bahwa di pulau Obi, sudah ada satu unit bangunan permanen, yang dimanfaatkan sebagai rumah dai. Juga sebuah Masjid yang menjadi markaz dakwahnya selama ini.

”Alhamdulillah berkat doa-doa kaum muslimin sekalian, kita akhirnya sudah punya rumah dai setelah beberapa tahun masih sekadar wacana. Letaknya ada di kampung Anggai, Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan,” jelasnya lewat saluran telepon, Rabu (18/7).

Keberhasilan dakwahnya kian menunjukkan hasil. Meski lelah, ia telah berhasil mengirimkan beberapa dai untuk ditugaskan di pulau-pulau terpencil lainnya. Bahkan tak jarang kegiatan dirosa, mengaji, pelatihan-pelatihan dai, tarbiyah yang dilakukannya menghasilkan kader yang bisa diandalkan untuk dakwah kedepan.

”Jika ada dai yang berhalangan, mereka siap kita terjungkan dengan senang hati,” tuturnya.

Dai yang berdomisili di Kota Ternate ini mengaku jika ke pulau ia memerlukan waktu seharian penuh untuk bisa sampai. Di Ternate ia juga berdakwah bahkan salah satu Pesantren binaannya yakni Pondok Pesantren Moloku Kieraha Wahdah Islamiyah Ternate, Maluku Utara telah mendidik beberapa santri penghafal al-Qur’an.

”Saya ucapkan banyak terima kasih karena LAZIS Wahdah telah memberikan bantuan satu unit sepeda motor untuk kami pakai berdakwah. Alhamdulillah ini sangat membantu kelancaran dakwah kami,” pungkasnya.

Dukung terus program dakwah Wahdah Islamiyah melalui Bank Syariah Mandiri (451) nomor rekening : 497 900 9009 a.n LAZIS Wahdah Sedekah dan konfirmasi transfer ke 085315900900. Bagi Anda yang ingin bersedekah motor untuk ratusan dai yang kita sebar ke seluruh pelosok negeri bisa diantarkan langsung ke kantor kami, Jl. Urip Sumoharjo No. 15 Tello Baru, Kota Makassar. Semoga dengan sedekah ini, Allah menjamin setiap penghidupan kita selama hidup di dunia, aamiin. []

Tinggalkan Balasan