“Tidak ada Imam tetap yang memimpin sholat dan mengajarkan kami agama. Saat hari raya dan Sholat Jumat, kami harus ke kampung sebelah. Di sini banyak muallaf dan hampir kami semua buta huruf. Ada agama Islam tapi tidak ada yang membawanya” — Limbang, salah satu warga Dusun Labou Desa Wara Kecamatan Melangke Barat Kabupaten Luwu Utara.
……………..
Dusun ini hanya memiliki satu masjid tua yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat. Kondisinya kian memprihatinkan ketika terungkap bahwa selama 4 tahun di sana sudah tidak ada lagi aktivitas sholat berjamaah dan mengaji ala TK/TPA.
Jika pada umumnya di suatu desa minimal harus ada seorang imam yang bertugas untuk mengajarkan Al-Qur’an, namun kondisinya berbeda di desa ini.
Padahal di kampung itu, ada sekitar 32 keluarga muslim yang di dalamnya terdapat 19 orang muallaf.
Kondisi masjid saat ini sudah sangat tidak layak. dinding-dinding kayunya tampak keropos dan sudah berlubang-lubang.
Masjid yang terbengkalai selama lebih dari empat tahun ini sempat terendam lumpur setinggi 40 cm sejak banjir bandang menerjang Luwu Utara tanggal 13 Juli 2020 yang lalu.
Setiap ibadah dan belajar agama, warga muallaf terpaksa harus ke desa tetangga. Jaraknya juga terbilang jauh. Mereka harus melalui medan berbukit dan kondisi jalan berbatu. Berbeda dengan kita yang tinggal di kota besar, di mana banyak masjid untuk beribadah.
Berbagai usaha sudah dilakukan warga untuk memperbaiki masjid dan penyediaan air wudhu. Namun penghasilan warga sebagai petani musiman hingga tak banyak yang bisa dilakukan.
Ayo #SahabatDermawan ambil bagian dalam program amajal jariyah pembangunan Masjid Jihadul Islam:
2. Transfer langsung melalui Bank Syariah Mandiri (BSM) 778 700 7001 an. Sedekah Plus atau BNI Syariah 500 123 5005 an Wahdah Inspirasi Zakat, untuk amanah pencatatan harap menambahkan nominal 780 (Contoh Rp 100.3700) serta melampirkan bukti transferan.⁣⁣
3. Informasi dan konfirmasi transfer melalui Call Center SEDEKAHPlus.com 08114637070

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *