LAZISWahdah.com, Lombok Barat – Ketua Umum Wahdah Islamiyah, KH. Dr. Muhammad Zaitun Rasmin Lc., MA., menyerahkan bantuan shelter atau hunian sementara dan satu unit sekolah secara simbolis bertempat di Dusun Jelaten, Desa Gegerung, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Ahad (16/9). Kunci rumah dan sekolah diterima langsung oleh Kepala Kecamatan Lingsar, bapak Rusdita. Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua MUI Mataram, Kepala Desa Gegerun, para tokoh masyarakat, dan imam-imam Masjid.

Rumah sementara atau shelter ini adalah bantuan tahap pertama yang diberikan oleh Wahdah Islamiyah kepada pengungsi di Lombok Barat. Rencananya masih ada banyak titik yang akan dibangun. Direktur LAZIS Wahdah, ustadz Syahruddin C Asho mengatakan, desain bangunan yang dibuat menyerupai model perumahan di daerah perkotaan. Bangunannya terbuat dari rangka baja ringan, ukuran 3 x 4 meter, dinding terbuat dari triplek tebal, lantai floor dengan atap spandek.

Bangunan tersebut kata beliau telah dihuni oleh para penerima sebelum kegiatan tabligh akbar yang dirangkaikan dengan peresmian bantuan shelter dan sekolah Wahdah Islamiyah Ahad kemarin.

“Penyerahan ini dilakukan hanya untuk memastikan kepemilikan dan penggunaan secara penuh oleh para pengungsi,” ujar ustadz Syahruddin.

Tidak hanya dibangun di Kabupaten Lombok Barat, sesuai target awal bahwa shelter dan sekolah yang akan dibangun juga akan dilakukan di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur.

”Ini bentuk komitmen kami sejak awal kami datang ke Lombok. Karena Lombok adalah saudara kita, maka dari itu mari kita bangun kembali Lombok seperti sedia kala,” tambahnya.
Proses pembangunan masih terus berjalan hingga tahap perampungan seratus unit bangunan selesai.

Kebutuhan perlindungan sangat mendesak, karena tidak adanya shelter dan hunian sementara. Akibatnya, pengungsi sangat rentan dan beresiko tinggi terhadap kesehatan fisik dan trauma.

Donasi peduli Lombok dapat disalurkan melalui Bank Syariah Mandiri (451) nomor rekening : 499 900 9005 a.n LAZIS Wahdah Peduli Negeri dan konfirmasi transfer ke 085315900900. Semoga Allah membalas semua usahaka kita atas kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita, aamiin. []

Tinggalkan Balasan