LAZISWahdah.org , Papua — Sebanyak 256kepala keluarga atau 899 jiwa kehilangan tempat tinggal dan tempat usaha mereka akibat kebakaran hebat yang melanda Kota Agats, ibukota Kabupaten Asmat pada Selasa (17/9) dini hari. Kebakaran hebat yang bermula dari Jalan Yos Sudarso pada sekitar pukul 02.00 WIT tersebut dan merambat hingga ke Jalan Muyu, Jalan Ayam Kecil dan Jalan Dolog itu.

Relawan LAZNAS Wahdah dilokasi kejadian Abdus Shomad, sekaligus merupakan dai tempatan kota Agats yang dihubungi LAZISWahdah.org mengatakan jumlah bangunan berupa rumah warga, rumah toko (ruko), kios dan lain-lain yang terbakar mencapai lebih dari 100-an unit.

Hingga saat ini pendataan masih terus dilakukan oleh Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Asmat. Bantuan yang disalurkan oleh LAZNAS Wahdah diserahkan langsung di masjid Annur kota Agats, Kab. Asmat, Papua.

“Kebakaran kali ini merupakan yang paling besar. Upaya pertolongan agak sulit dilakukan karena kejadiannya subuh saat orang masih terlelap,” katanya.

Di masjid Annur dibuka dua posko dapur umum sekaligus tempat penampungan sementara warga yang menjadi korban kebakaran di Agats tersebut. Selain di masjid Annur, posko kemanusiaan juga dibangun di Balai Pertemuan Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat. []

Tinggalkan Balasan