Oleh Muhammad Ayyub M., S.KM

Manfaat minyak zaitun sudah sangat terkenal dalam dunia kosmetik, kuliner, dan kesehatan. Jurnal dan media lainnya yang memuat hasil penelitian tentang minyak zaitun telah bertebaran. Semetara itu, jauh sebelum penelitian ilmiah dilakukan, Al-Qur’an telah menyebutkan bahwa zaitun adalah pohon yang berkah dan minyaknya memiliki banyak manfaat. Ada beberapa ayat di dalam Al-Qur’an yang menyebutkan tentang zaitun, yaitu At-Tin: 1, An-Nur: 35, Al-An’am: 99 & 141, An-Nahl:11, Al-Mu’minun: 20, ‘Abasa:29.

Inilah salah satu bukti bahwa Al-Qur’an adalah kebenaran yang bersifat absolutely absolute. Olehnya itu, sangat wajar umat Islam marah jika ada yang melecehkan Al-Qur’an seperti yang sedang hangat saat ini. Nah, apa saja manfaat minyak zaitun bagi kesehatan? simak penjelasannya.

Mencegah Obesitas

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa minyak zaitun dapat memecah sel adiposit penyebab Obesitas. Oleh karena itu, minyak zaitun jenis Extra virgin olive oil direkomendasikan untuk menggantikan diet minyak lemak jenuh yang sering dikonsumsi. Hasil penelitian lain yang dimuat dalam The British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa penggunaan minyak zaitun untuk menggantikan minyak jenuh selama empat pekan, tanpa mengubah pola makan, mampu mengurangi berat badan hingga 2-3 kg.

Mencegah kanker

Ketua Lembaga Penelitian Arteriosklerosis di Universitas Monscher Jerman, Prof. Asman, yang merupakan seorang peneliti paling menonjol di dunia dalam bidang Arteriosklerosis, menegaskan bahwa minyak zaitun dapat mencegah munculnya beberapa jenis kanker, seperti kanker kolon, kanker rahim dan kanker ovarium. Beliau juga mengatakan bahwa kasus kanker yang sangat rendah di negara-negara kawasan Mediterania, karena mereka menggunakan minyak zaitun sebagai sumber makanan pokok, disamping sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Selain itu, Para peneliti di Copenhagen University Hospital di Denmark menemukan bahwa minyak zaitun mereduksi kerusakan sel yang memicu pertumbuhan kanker.

Membunuh kutu kepala

Penggunaan minyak zaitun sebagai minyak rambut dalam beberapa jam saja dapat membunuh kutu yang ada di kepala. Ini merupakan hasil beberapa studi tentang kutu kepala yang dilakukan di beberapa Universitas dan Akademi di Amerika.

Menurunkan Hipertensi

Dalam majalah Archives of Internal Medicine dipublikasikan penelitian yang dilakukan pada 27 pasien yang terkena Hipertensi dengan tekanan darah rata-rata tidak kurang dari 165/104 mmHg, mereka rutin mengkonsumsi obat anti Hipertensi. Para pasien dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak zaitun (Extra virgin olive oil), sedangkan kelompok lainnya mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak bunga matahari.

Enam bulan kemudian hasil penelitian menunjukkan penurunan tekanan darah hingga 7 poin pada orang-orang yang mengkonsumsi minyak zaitun. Sementara pada kelompok yang mengkomsumsi minyak matahari tidak terjadi perubahan tensi sama sekali. Para pasien yang mengkonsumsi minyak zaitun dalam makanan mereka mampu mengurangi dosis obat-obatan hepertensi hingga setengahnya, bahkan 8 orang diantaranya tidak memerlukan obat anti hipertensi selama penelitian tersebut.

Mencegah timbulnya tukak lambung

Dalam sebuah kongres Organisasi Penyakit Sistem Pencernaan Amerika yang diadakan pada bulan Oktober 2000, Dr. Samut dari Universitas Harvard Amerika menegaskan bahwa gizi yang terkandung dalam minyak zaitun dapat memiliki pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit tukak lambung.

Semoga bermanfaat []

Sumber: Majalah Sedekah Plus Edisi 34

 

Tinggalkan Balasan