LAZISWahdah.com, Sumbawa — Sumbawa menambah daftar wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mengalami dampak gempa bumi sejak akhir Juli lalu. Ahad (26/8), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa kembali terjadi dan berpusat di Sumbawa, dengan magnitudo 5,1 SR. Di Sumbawa, banyak Masjid dan fasilitas umum yang rubuh. Ratusan rumah juga terkena imbas dari goncangan tersebut hingga ribuan orang pun turut mengungsi sebagaimana yang terjadi di Lombok tiga pekan belakangan ini. Tenda-tenda membentang di beberapa titik. Di ruas-ruas jalan hingga lapangan dipenuhi oleh pengungsi-pengungsi yang juga masih trauma dan tidak berani kembali ke tempatnya.

Salah satu daerah yang terkena imbas dari gempa yang mengguncang tanah Lombok dan Sumbawa beberapa hari yang lalu adalah di Desa Labuhan Mapin, Kecamatan Alas Barat, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Di lokasi ini, dari pantauan relawan LAZIS Wahdah yang bertugas terdapat sekitar 625 Kepala Keluarga (KK) yang berkumpul dalam satu lokasi pengungsian.

”93% bangunan disini sudah hancur tak bersisa,” ungkap ustadz Hery, koordinator lapangan relawan Wahdah Peduli Sumbawa, Rabu (29/8).

Aktivitas lainnya yang dilakukan oleh LAZIS Wahdah selain penyaluran logistik adalah dengan mengadakan program trauma healing untuk anak-anak berupa kegiatan berlajar, bermain, menggambar dan lain-lain. Selain itu, untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terdampak gempa, LAZIS Wahdah juga mengerahkan sejumlah tenaga medisnya untuk membantu para pengungsi.
”Insya Allah kita akan maksimalkan pelayanan kepada para pengungsi. Kedepan kita akan bangun dapur umum dan juga beberapa proyek kemanusiaan dan dakwah di tanah Sumbawa ini,” tambahnya.

Donasi peduli gempa Lombok dan Sumbawa bisa disalurkan melalui melalui Bank Syariah Mandiri (451) nomor rekening : 499 900 9005 a.n LAZIS Wahdah Peduli Negeri dan konfirmasi transfer ke 085315900900. LAZIS Wahdah, melayani dan memberdayakan. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *