Wiz.or.id, Sumatera Barat –  Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) dan Wahdah Peduli bergerak cepat dalam merespon bencana banjir bandang lahar dingin yang melanda Sumatera Barat. Tim relawan kemanusiaan telah dikerahkan ke lokasi terdampak untuk membantu penanganan darurat dan menyalurkan bantuan bagi para korban.

Hingga Senin, 13 Mei 2024, pukul 13.00 WIB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat total korban meninggal mencapai 43 orang. Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, menjelaskan bahwa enam jenazah baru ditemukan hari itu, terdiri dari lima warga Kabupaten Tanah Datar dan satu warga Padang Pariaman. Empat dari enam jenazah tersebut masih dalam proses identifikasi.

Secara keseluruhan, korban meninggal terbanyak berada di Kabupaten Agam (19 orang), diikuti Tanah Datar (14 orang), Padang Pariaman (8 orang), dan Padang Panjang (2 orang). Selain itu, masih ada 15 orang yang dalam pencarian.

“Bencana ini memaksa banyak warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujar Abdul dalam keterangan resmi. BNPB mencatat jumlah pengungsi di Kabupaten Agam mencapai 1.159 jiwa dan di Kabupaten Tanah Datar 2.039 jiwa.

Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Tanah Datar, Basarnas, TNI, Polri, dan relawan terus melakukan penanganan darurat di lokasi terdampak. WIZ dan Wahdah Peduli turut mendukung upaya tersebut dengan mengirimkan bantuan logistik dan tim relawan.

“Kami berupaya memberikan bantuan terbaik bagi saudara-saudara kita yang terkena dampak bencana ini,” kata Abdurrahman, perwakilan Wahdah Peduli. Bantuan yang diberikan diharapkan dapat meringankan beban para korban dan mempercepat proses pemulihan di wilayah yang terdampak parah.

Wahdah Inspirasi Zakat dan Wahdah Peduli mengajak masyarakat luas untuk turut membantu dan mendukung upaya pemulihan pasca-bencana. Dukungan dan solidaritas dari berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam menghadapi situasi sulit ini.

Baca juga: WIZ dan Wahdah Peduli Dirikan Posko Kesehatan Bantu Korban Banjir Luwu

Luaskan manfaat sedekah Anda